Saturday, January 10, 2009

Memahami Kecerdasan Anak

Anak merupakan titipan Alloh dan sekaligus sebagai generasi penerus bangsa. Sehingga sangatlah penting untuk mengetahui dan memahami potensi kecerdasan anak secara dini. Pendidikan yang tepat sejak dini di harapkan dapat membangun kreatifitas sehingga dapat membentuk sikap mental dan kecerdasan anak. Untuk itu dibutuhkan kepekaaan bagi orang tua dalam memahami sifat dan kecenderungan prilaku yang di lakukan seorang anak sehing dapat mengarahkan dan mendidik secara tepat.

Anak-anak memiliki potensi majemuk seperti potensi linguistik, potensi logika matematika, visual spasial, musikal, bodi kinestetik, interpersonal, intrapersonal, dan potensi natural.


Anak memiliki potensi lingustik yang bisa di lihat ketika anak memiliki kecenderungan bekerja dan berpikir teratur, bertindak sistematis, dan memiliki daya ingat tajam. Potensi logika matematika terlihat apabila anak suka berpikir abstrak dan deduktif. Potensi visual spasial terlihat apabila anak lebih suka berpikir dengan ilustrasi dan gambar, memadukan seni dengan pelajaran lain.



Potensi musikal terlihat apabila anak sensitif terhadap nada dan irama. Potensi bodi kinestetik pada anak terlihat dengan ciri-ciri daya kontrol tubuh sangat menonjol, suka mengutak-atik sesuatu. Sedangkan ciri anak memiliki potensi interpersonal bila memiliki kemampuan negosiasi tinggi, mahir berinteraksi dengan orang lain.



Adapun potensi intra personal terlihat apabila anak memiliki kesadaran terhadap diri, lebih suka menghindari konflik, sedang potensi natural dapat terlihat apabila anak menyukai kegiatan di alam, dan mempersepsi keindahan spontan.


Sebagian Sumber from Kompas.com

0 Comments:

Post a Comment